Tutorial 3d max untuk pemula
Berikut ini adalah tutorial bergambar cara memberikan material atau tekstur
pada obyek menggunakan 3Ds max ( material standart ) mayoritas animasi entah
itu untuk perframe atau animasi gerak membutuhkan aplikasi material pada permukaan
obyeknya agar benda tersebut terlihat lebih hidup dan realistis.
Material akan sangat membantu untuk membentuk suatu tekstur dan warna yang
tidak mungkin dilakukan dengan mengedit obyek tersebut secara manual contoh
seperti detail pada benda yang sangat kecil, ada banyak jenis material pada 3D
max, namun disini saya akan menunjukkan cara aplikasi material standart yang
mempunyai fungsi memberi warna atau menempelkan foto pada permukaan benda
tersebut, agar lebih mudah dimengerti dan tidak njlimet saya akan menggunakan
contoh aplikasi material pada sebuah kotak, dan tutorial ini cocok buat anda
yang baru belajar 3ds max.
- Buat sebuah benda kotak dengan ukuran terserah, jika anda belum mengerti cara membuat kotak ikuti langkah saya pilih tab Create » Geometry » lalu pada “Object Type” pilih Box klik kiri mouse pada View Perspektif dan tahan lalu drag secara horisontal untuk memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepas drag kemudian drag lagi untuk memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi degh sebuah box.
- Langkah kedua setelah selesai membuat box buka Material Editor dengan mengeklik pada tombol atau tekan M pada Keyboard anda. Selanjutnya klik pada tombol kotak disebelah Diffuse lalu pada Map Browser pilih Bitmap ( posisi paling atas ) kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih apapun yang ingin anda pakai, usahakan yang anda pilih adalah bitmap yang tidak di blur, setelah selesai klik icon Go To Parent, pada contoh saya menggunakan tekstur kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk dalam Material Editor, selanjutnya klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign material to selection atau memasukkan material dengan cara klik ditengah preview material lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi.
- Sampai disini box yang anda buat tadi sudah mempunyai material foto pada permukaannya, namun tidak semua obyek yang diberi material langsung muncul pada viewport, seperti jika anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yang diimport kedalam max tentu tidak akan muncul, terus bagaimana cara mengatasi jika tidak material tidak terlihat? untuk memastikan material tersebut sudah masuk atau belum coba anda render dengan tekan F9 pada Keyboard anda, jika obyek hanya satu akan mudah mengingatnya, tetapi bagaimana jika anda ribuan obyek yang materialnya tidak terlihat? solusinya adalah modifikasi box tersebut dengan menambahkan UVW map caranya pilih Modify » klik pada menu dropdown di Modifier List » lalu pilih UVW map dan material foto anda akan terlihat pada viewport.
"ini adalah dasar dari penggunaan material pada 3Dmax"
Jika anda ingin membuat material hingga mempunyai refleksi terhadap cahaya yang fungsinya menjadikan benda tampak seperti mengkilap silahkan tunggu tutorial selanjutnya, semoga tutorial ini dapat membantu anda yang baru belajar 3D Max.